Pengangguran Meningkat Lulusan SMA Terbanyak

Pengangguran Meningkat Lulusan SMA Terbanyak

 

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress- Tingkat pengangguran di Kabupaten kaur setiap tahunnya masih cukup tinggi. Buktinya data di Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaur mencatat sebanyak 209 pengangguran (tenaga kerja) asal Kaur yang mengajukan pengurusan kartu kuning (AK1) di dinas tersebut sepanjang bulan Juni hingga Juli 2018 ini. Pengurusan kartu kuning lantaran sebagian pencari kerja akan keluar daerah untuk mencari pekerjaan yang layak.

“Data yang ada di dalam buku Pencaker ada sekitar 209 Pencaker sudah mengurus kartu kuning sepanjang dua bulan terakhir ini,” kata Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kaur, Ir Sulaiman belum lama ini.

Dikatakannya, 209 pencari kerja (Pencaker) tersebut terdiri dari S1 36 orang dan sisanya paling banyak tamatan SMA dan SMK. Diakuinya belakangan ini, tak jarang pihaknya kedatangan tamu yang ingin mengakses info kerja di ruanganya. Saat ini tingkat pengangguran di Kabupaten Kaur masih cukup tinggi, begitu juga antusias warga untuk mencari kerja ke luar daerah juga masih sangat tinggi apalagi usai lebaran biasanya jumlah warga Kaur yang berangkat keluar daerah cukup banyak.

“Paling banyak itu lulusan SMA, mereka banyak yang mengadu nasib keluar daerah dengan cara merantau mencari kerja, dengan harapan dapat hidup lebih baik di luar daerah,” katanya.

Ditambahkannya, meski demikian dia belum bisa memperkirakan jumlah warga Kaur keluar daerah usai lebaran kali ini, sebab hanya sedikit saja warga yang sebagian besar kalangan pemuda dan pemudi itu mengurus kartu Pencaker saat akan berangkat. Hal ini lantaran sebagian besar mereka ikut dengan teman atau keluarga yang sudah ada gambaran kerja di luar daerah.“Data pastinya kita belum bisa perkirakan yang jelas abis lebaran ini jumlahnya pasti meningkat dibandingkan biasanya,” tutupnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: